BATANG-DESA SILUWAK

 " RIWAYAT KYAI SANYARSARI DAN DUSUN SILUWAK "





        Dusun Siluwak berdekatan dengan Desa Wonotunggal dengan arah ke utara, dan Kyai Sanyarsari merupakan Putra dari Mbah Kyai Singo Ranu, menurut riwayat, dengan terselesainya pembangunan Simendeg, Wonosari, Wonotunggal maka para Jin, lelembut, peri prayangan dan semuanya pada pindah di hutan yang akan dibangun,

       Kyai Sanyar Sari tidak begitu mudah dalam melaksanakan pembangunan, mendapatkan banyak gangguan yang sering menimpanya, maka untuk melanjutkan pekerjaan tersebut terlebih dahulu di adakan pengusiran jin lelembut dan sebagainya. Dengan menggunakan pusaka yang bernama "Kyai Sujing Ampel" dengan mengelilingi lokasi tersebut.

        Perjalanan bersama dengan  Kyai Singoranu yang mengelilingi lokasi, terdapat kejadian yang aneh, yaitu terdapat air mengalir yang mengik├╝ti perjalanan Kyai Singoranu yang akhirnya menjadi saluran air. Kyai Sanyarsari selanjutnya menyelesaikan pekerjaannya membangun perkampungan dan persawahan, dan selama menyelesaikan pekerjaannya tersebut tidak ada gangguan apapun, yang akhirnya Mbah Kyai Singoranu dan Mbah Kyai Sanyar sari dimakamkan di Desa Siluwak.


Diriwayatkan oleh: Kh.Agus Muhammad B.H.

Komentar

Postingan Populer